Jumat, 03 Desember 2010

Chemistry of Life


- Air -

Polaritas Air

Molekul air terdiri dari 2 atom hidrogen yang berikatan dengan sebuah atom oksigen. Atom hidrogen memiliki sedikit muatan positif dan atom oksigen memiliki sedikit muatan negatif. Sehingga, molekul memiliki dua kutub. Kutub positif (hidrogen) dan kutub negatif (oksigen).

Sifat sebuah molekul disebut polaritas.

Molekul air


Ikatan Hidrogen dalam Air

Ikatan hidrogen merupakan ikatan yang terjadi antara ikatan positif 1 molekul air, dengan ikatan negatif 1 molekul air. Banyak ikatang hidrogen dalam air dapat memberikan sifat-sifat air yang menguntungkan untuk organisme.


Ikatan hidrogen

Sifat-sifat Air

Sifat Air

Garis Besar Sifat Air

Hubungan Sifat Air Dengan Fungsi bagi Makhluk Hidup

Kohesi

Molekul air berikatan satu sama lain karena ada ikatan hidrogen diantaranya.

Gaya dorong akar dapat mendesak air dalam batang naik ke bagian atas pohon dalam sistem transpor. Air digunakan sebagai media transport di xylem tumbuhan.

Pelarut

Banyak subtansi yang larut dalam air karena polaritasnya.

- Anorganik partikel (dengan muatan + dan -) seperti ion natrium.

- Organik partikel (dengan molekul polar yang larut) seperti glukosa.

- Enzim juga larut dalam air.

- Hampir semua reaksi kimia dalam makhluk hidup mencakup reaksi pelarutan air. Air merupakan media untuk reaksi metabolisme.

- Sifat pelarut air membuat banyak subtansi larut dalam air terutama dalam darah hewan dan getah tanaman. Air dapat digunakan sebagai media transport.

Sifat Termal: Kapasitas Panas

Air mempunyai kapasitas panas yang besar. Energi yang besar diperlukan untuk menaikan suhu dan memutuskan beberapa ikatan hidrogen.

Darah-yang dibentuk dari air- dapat membawa panas dari bagian yang panas ke bagian yang dingin. Darah digunakan sebagai media transport dalam panas.

Sifat Termal: Titik didih

Titik didih air yang tinggi (100˚C) disebabkan karena perubahan wujud dari cair menjadi gas yang mengharuskan untuk memutuskan semua ikatan hidrogen dalam air.

Air dibawah titik didih banyak dijumpai di mana saja, dan di banyak tempat berada di atas titik beku. Sebagai zat cair, air dapa berperan sebagai media untuk reaksi metabolisme.

Sifat Termal: Efek pendinginan dalam penguapan

Air dapat menguap pada suhu dibawah titik didih. Energi panas yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan hidrogen dari zat cair, memberi efek pendinginan.

Penguapan pada dau tumbuhan (transpirasi), dan pada keringat manusia mempunyai efek pendinginan yang berguna. Air sebagai pendingin.


Banyak molekul polar yang tertarik oleh molekul air sehingga larut.

-Unsur dan Senyawa dalam Makhluk Hidup-

Unsur dalam Makhluk Hidup

Makhluk hidup mengandung banyak unsur-unsur kimia, ada yang dalam jumlah besar dan ada dalam jumlah kecil. 4 Unsur yang paling umum dalam kehidupan adalah karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen.

Unsur Kimia dan Fungsinya

Unsur dan Simbol

Fungsi pada tumbuhan, hewan, dan prokariotik.

Sulfur (S)

Untuk membuat 2 dari 20 asam amino di protein.

Kalsium (Ca)

Berperan sebagai pengantara, antara kalmodulin dan protein lain yang megatur proses dalam sel, termasuk transkripsi.

Fosfor (P)

Bagian dari fosfat di molekul ATP dan DNA.

Besi (Fe)

Untuk membuat sitokrom-protein yang berguna untuk transportasi elektron saat pernafasan erobik sel.

Natrium (Na)

Dipompa ke dalam sitoplasma untuk meningkatkan konsentrasi larutan sehingga air bisa berosmosis.

Organik dan Anorganik Senyawa

Makhluk hidup mengandung banyak senyawa kimia. Ada yang organik dan anorganik. Senyawa organik adalah senyawa yang mengandung karbon dalam makhluk hidup. Contohnya dalam jumlah besar, karbonhidrat, lemak dan protein. Ada sedikit karbon senyawa anorganik di makhluk hidup, yang sering ditemui adalah, karbon dioksida, karbonat, dan hidrogen karbonat. Ada juga senyawa anorganik yang sama sekali tidak mengandung karbon.

-Bangunan Macromolekul-

Reaksi Kondensasi

Dalam reaksi kondensasi, dua molekul bergabung membentuk molekul yang lebih besar. Air juga dibuat dari reaksi ini. Sebagai contoh, 2 asam amino dapat bergabung membentuk dipeptida dengan reaksi kondensasi. Ikatan baru yang terbentuk adalah link peptida.

Reaksi kondensasi selanjutnya dapat menyambungkan asam amino ke ujung dipeptida, dan akhirnya membuat rantai hubungan dari banyak asam amino, yang disebut polipetida.

Dalam hal yang sama, reaksi kondensasi berguna untuk membangun karbonhidrat dan lemak.

Dasar subunit karbonhidrat adalah monosakarida. 2 monosakarida membentuk disakarida. Banyak monosakarida dapar membentuk polisakarida. Asam amino dihubungkan dengan gliserol dengan reaksi kondensasi dan menghasilkan lemak yang disebut gliserida. 3 asam lemak link ke gliserol membentuk trigliserida.

Reaksi Hidrolisis

Molekul besar seperti poliperptida, polisakarida, dan trigliserida dapat dipecah mejadi molekul yang lebih kecil dengan reaksi hidrolisis. Reaksi hidrolisis merupakan kebalikan dari Reaksi kondensasi.

Polipeptida + air = dipeptida atau asam amino

Polisakarida + air = disakarida atau monosakarida

Gliserida + air = asam lemak + gliserol

Contoh Karbohidrat

Contoh

Kegunaan pada Hewan

Kegunaan pada Tumbuhan

Monosakarida

-Glukosa

-Galaktosa

-Fruktosa

Glukosa dibawa dalam darah untuk transportasi energi dari sel keluar tubuh.

Fruktosa untuk membuat rasa manis pada buah, dan menarik hewan untuk menyebarkan bibit di buah.

Disakarida

-Maltosa

-Laktosa

-Sukrosa

Laktosa terdapat di gula dalam susu, menyediakan energi untuk mamalia kecil sampai dia berhenti disapih.

Sukrosa dibawa dalam floem untuk transportasi energi dari sel keluar tumbuhan.

Polisakarida

-Zat pati

-Glikogen

-Selulosa

Glikogen digunakan di energi jangka pendek yand disimpan di hati dan otot.

Selulosa untuk menguatkan serat yang digunakan unruk membentuk dinding sel tumbuhan.

Karbohidrat dan Lemak dalam Penyimpanan Energi

Lemak dan karbonhidrat mempunyai keuntungan sebagai penyimpan energi dalam makhluk hidup. Karbonhidrat biasa menyimpan energi untuk jangka pendek, dan lemak menyimpan energi dalam jangka panjang.

Fungsi Lemak

- Penyimpan Energi – dalam bentuk lemak di manusia, dan minyak di

tumbuhan.

- Insulasi Panas – lapisan lemak di bawah kulit mengurangi kehilangan

panas.

- Daya Pengapungan – lemak lebih tidak padat dibandingkan air, sehingga

membantu hewan untuk mengapung.


Pendapat Kami

  • Chemistry of Life adalah salah satu pelajaran kimia yang dimasukkan ke dalam pelajaran biologi. Dalam Chemistry of Life kali ini ditekan pada air dan unsur dan senyawa dalam makhluk hidup . Air memiliki sifat polar dan terdiri dari hidrogen dan oksigen. Air juga memiliki sifat seperti kohesi pelarut, dan sifat termal : kapasitas panas, titik didih, dan efek pendinginan dalam penguapan. Air ada di setiap kita makhluk hidup dan bahkan sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Dalam tubuh manusia juga terdapat unsur dan senyawa dan ada yang organik ada pula yang anorganik. Dari hal di atas kita dapat mengetahui bahwa sebenarnya ada unsur kimia dalam tubuh kita dan apa saja unsur kimia tersebut. -Siagian-
  • Awal kami memasuki tahun ajaran baru di UPH College. Bab ini merupakan bab pertama yang dipelajari. Materinya tidak begitu sulit, karena sudah ada hal-hal yang pernah dipelajari sebelumnya. Yang lainnya, ada yang diperdalam. Di bab ini kami belajar tentang ikatan-ikatan antar molekul. Dan juga kami pelajari sifat-sifat dari air, selain ini ada reaksi kondensasi yang menggabungkan molekul-molekul dan reaksi hidrolisis yang memisahkan keduanya. Hal-hal lain yang dipelajari yaitu contoh dari senyawa dan unsur yang di temui di makhluk hidup, dan fungsi-fungsinya. Setelah belajar bab ini kami mengetahui kegunnaan dari lemak dan karbonhidrat sebagai penyimpan energi. Pelajarannya cukup menyenangkan.-Margareta-
  • - Chemistry Of Life, dalam topic Chemistry of Life ini saya berpendapat bahwa topic kali ini berhubungan erat dengan pelajaran kimia. Pada awalnya saya merasa bahwa sebenarnya saya salah masukkelas, karena kam belajar begitu banyak tentang kimia di jam pelajaran biologi. Tetapi tenyata pelajaran Chemistry of Life ini sangat berkaian dengan biologi. Yakni dengan adanyakaitan dengan cairan yang pasti ada di dalam tubuh seluruh makhluk hidup. Selain itu cara belajar dalam Chemistry of Life ini cukup unik, yakni seluruh kelas dibagi menjadi beberapa grup, dan setiap grup harus mempresentasikan yugas-tugas yang telah diserahkan kepada kelompok mereka. Baiknya adalah, melatih setiap grup untuk berani menjelaskan suatu bahan kepada teman-teman di kelas. Tetapi agak sulit dimengerti karena yang menjelaskan adalah teman-teman yang masih kurang berpengalaman dalam hal mengajar. -Ferrell-
  • Menurut saya bab ini sangat menarik karena mempelajari tentang hal-hal yang dapat kita temukan dan pelajari setiap hari. Misalnya seperti glukosa, sukrosa dan lain-lain. Bab ini sangat dibutuhkan agar kita dapat mengetahui berbagai jenis kandungan gula pada makanan, ikatan antar molekul dan lain-lain. Walaupun bab ini lebih mengarah ke kimia, tapi bab ini juga memiliki banyak kaitan dengan biologi. Semoga kami bisa mempelajari bab ini lebih dalam lagi di kemudian hari. -Rebecca-
  • Menurut pendapat saya, bab ini merupakan bab yang menarik karena membahas pentingnya zat-zat kimia bagi makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun banyak yang mengira bab ini lebih mengarah ke pelajaran kimia, namun menurut pendapat saya, Chemistry of Life tetap menghubungkan bahan materi yang diajarkan dengan pelajaran biologi. -Claudia-
  • Chemistry of life adalah bab 1 yang saya pelajari di kelas 10 semester 1. Bab ini hampir mirip dengan kimia menurut saya , dimana yang pertama adalah hydrogen bonds yang ,merupakan ikatan hydrogen pada suatu atom contohnya air .Sehabis itu yang saya ingat adalah kita mempelajari reaksi kondensasi yang merupakan dua molekul bergabung.Sehabis itu ada reaksi hidrolis dimana molekul yang kompleks dipecah menjadi molekul yang lebih kecil.Dalam mempelajari bab ini kita lebih dapat mengenal lingkungan dan diri kita sendiri akan reaksi reaksi.Saya tidak begitu mendapat kesusahan dalam mempelajari hal ini karena pada saat SMP saya sudah mendapatkan hal ini . -Meidy-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar