Rabu, 08 Desember 2010

Monera

Monera meliputi sebagian besar prokariotik (yaitu tidak punya inti sel. maka, nama lainnya adalah Prokaryota atau Prokaryotae. Ciri utama makhluk hidup yang termasuk kelompok Monera adalah tidak adanya membran inti (prokariotik). Bahan inti terdapat dalam sel tanpa membran yang membungkusnya. Satu individu monera tersusun oleh satu sel. Bakteri dan ganggang hijau-biru (Cyanobacteria) merupakan makhluk hidup yang termasuk kelompok Monera.

Ganggang hijau-biru

Ciri-Ciri:

- Klorofi I sehingga mampu membuat makanan melalui proses fotosintesis.

- Belum memiliki membran inti sel.

Contoh ganggang hijau-biru, antara lain Spirulina dan Anabaena azolla. Spirulina memiliki kadar protein yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan kesuburan tanah karena mampu mengikat nitrogen bebas dari udara.

Kingdom ini tidak dipakai lagi karena ada penemuan yang menunjukkan bahwa Cyanophyta lebih tepat di anggap bakteria dan di ubah namanya menjadi Cyanobacteria.

Sejarah Klasifikasi

  • Tahun 1866 Ernst Haeckel mengajukan sistem 3 kingdom dengan menambah kingdom Protista. Salah satu dari 8 devisio protista adalah moneres, yang isinya bakteri seperti Vibrio
  • Tahun 1937 Édouard Chatton mengusulkan klasifikasi dua kingdom, Eukaryota dan Prokaryota.
  • Roger Stanier dan C. B. van Niel percaya bahwa bakteri dan alga hijau-biru berasal dari induk yang sama, yang kemudian membuat dia mengeluarkan pernyataan di tahun 1970, "Alga hijau-biru tidak ada bedanya dengan bakteri".
  • Di tahun 1949, E. G. Pringsheim dalam tulisannya mengatakan bahwa bakteri dan alga hijau-biru berasal dari induk yang berbeda.
  • Tahun 1974, Bergey's Manual mengeluarkan istilah cyanobacteria untuk mengacu pada alga hijau-biru, membuatnya diterima ke dalam kelompok Monera.
  • Tahun 1969, Robert Whittaker mengusulkan sistem lima kingdom. Sistem ini meletakkan sebagian besar makhluk hidup bersel satu ke dalam Monera (prokaryota) ataupun Protista (eukaryota).
  • Tahun 1977, sebuah paper dari PNAS ditulis oleh Carl Woese dan George Fox mengusulkan bahwa Archaea (sebelumnya dinamai archaebacteria) tidak lebih dekat dengan Bakteri daripada dengan eukaryota. Kingdom Monera akhirnya diganti menjadi dua kingdom baru Bacteria dan Archaea. Akan tetapi, Thomas Cavalier-Smith tidak pernah terima dengan pembagian menjadi dua kelompok ini, dan mempublikasikan bahwa archaebacteria adalah bagian dari sebuah subkingdom dari Kingdom Bacteria.
Pendapat kami:
  • Monera adalah salah satu klasifikasi yang dulunya digunakan. Klasifikasi ini terdiri dari bakteri dan ganggang hijau-biru (Cyanobacteria). Sebagian dari Monera adalah prokariotik. Kingdom ini tidak dipakai lagi karena ada penemuana yang menunjukkan cyanophyta lebih tepat di anggap bakteria. Lalu namanya diubah menjadi cyanobacteria. Dari pelajaran monera ini saya belajar bahwa dulu pernah ada kingom monera yang sekarang tidak digunakan lagi. Setelah saya membaca pelajaran tentang monera ini, saya tahu bahwa dunia sekarang tidak menggunakan monera sebagai salah satu kingdom lagi. Dulu saya belajar tentang kingdom monera tetapi saya tidak mengetahui bahwa monera sudah tidak dipakai lagi. Saya bahkan tidak tahu bahwa ada kingdom yang pernah dihapus. Pelajaran ini cukup penting karena kita dapat mengetahui sejarah beberapa species yang berasal dari monera -Siagian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar