Jumat, 03 Desember 2010

Two.. Three.. Four.. Five.. Six Biology Kingdom!

The Two Kingdom

The first person in the world that was know to classified living things into two groups that is Animals & Plants are Aristotle (384 BC–322 BC), and his pupil know by the name of Teophrastus (c. 371–c. 287 BC). Who wrote the "History of Animals" and "The History of Plants".
And followed by Carolus Linnaeus (1707–1778) who laid the first "Binomial Nomenclature". He also classified and dividing all creatures in this universe by 2 kingdom. One known by the name of Regnum Animale ('animal kingdom') as for animals, and the other are Regnum Vegetabile ('vegetable kingdom') to indicates plants.

The Three Kingdom

In the year of 1674, a man who was known as "The Father of Microscopy" Antonie van Leuwenhoek who found a microscopic organism that was unknown at that time. At first, he placed "These Microscopic Organism" in the Animalia and Plantae Kingdom. But later onn, it blurred the characteristic of these two kingdom itself.


In the following year of 1866, three gentlemen Richard Owen, John Hogg, and Ernst Heckel proposed the existence of the third kingdom. That yet until this day known a the "Kingdom of Protist". Enrst Heckel then revised the content of this kingdom a number of times before settling on a division based on whether organisms were unicellular or multicellular.

The Four Kingdom

In 1983, followed by the development of electronic microscope, a man named Herbert F. Copeland found and important distinction between those unicellular organism. Those who don't have distinct Nucleus called prokaryotes, and the one that have called as eukaryotes.

And thus he proposed a four kingdom classification. A Kingdom of Monera. But then in the following year of 1960, Edouard Chatton realized that there are a difference between the Kingdom of Monera and the other Kingdom. Yet they don't have a distinct nukleus, like the other kingdom did.

And at last he proposed a "Super-Kingdom" or "Empire" to seperate Prokaryotes from the Eukaryotes.

The Five Kingdom

In this Five Kingdom System, There are a newcomer kingdom called as "Fungi Kingdom". The difference of this kingdom with the Plantae Kingdom were known long ago. In which case that where Plantae could survive by producing their own "food", while Fungi had to live by taking their "food" by taking them or to absorb it from outside.

The Six Kingdom
In the mid 1960's a man named as Carl Woose by his RNA studies dividing the procaryotes into two groups. It is now known as Eubacteria and Archaebacteria.
Because Eukaryote roups may looked different from the outside. But they are similar in their genetic makeup at the molecular level more than to eubacteria and archaebacteria.


Pendapat Kami:

  • Klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup. Karena banyaknya makhuluk hidup di dunia ini, untuk membantu para peneliti mempelajari semua makhluk hidup dengan mudah maka pengelompokan ini dibuat. Pengelompokan ini tidak langsung muncul yang sekarang kita pakai, tetapi semua ada tahap-tahapnya. Semuanya dari 2 kingdom yang terdiri dari Animalia dan Plantae. Lalu bertambah menjadi 3 kingdom yang terdiri dari Animalia, Plantae, dan Protista. Protista tersusun dari organisme yang uniseluler dan yang multiseluler. Lalu bertambah menjadi 4 kingdom dengan menambahkan monera. Selanjutnya menjadi 5 kingdom dengan menambahkan fungi dan sekarang 6. Klasifikasi sangat membantu para ilmuan mempelajari hewan dan tumbuhan. Itulah sebabnya klasifikasi adalah salah satu pelajaran yang penting di biologi. -Meidy-
  • Setelah belajar Chemistry of Life, bab selanjutnya adalah Cassification. Klasifikasi itu adalah pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya agar bisa lebih mudah dalam di pelajari dan di pahami. Tulisan dalam blog kami semoga bisa berguna, sehingga mendapat informasi tentang klasifikasi yang awalnya hanya terdiri dari dua kingdom, lalu menjadi tiga, empat, lima, dan terakhir enam. Di sini kami juga belajar mengenai tingakatan klasifikasi dari makhluk hidup dari Kingdom, Filum/Divisi, Classis, Ordo, Familia, Genus, sapai Spesies. Ada juga tetantang tata nama cara-cara penamaan spesies. Di mana terdiri dari dua kata. Kata pertama menunjukan Genus, dan kata kedua menunjukan spesies. Serta diikuti aturan-aturan penulisannya. Belajar bab ini agak sedikit membosankan. –Margareta-
  • -Classification atau Kalsifikasi Kingdom makhluk hidup, saat mempelajari bab ini saya langsung memikirkan tentang kingdom – kingdom yangsaya ketahui, contohnya seperti animalia, plantae, fungi, dll. Saya mengira bahwa pelajaran kali ini akan menjadi mudah karena sangat mudah mengingat kingdom-kingdom yang ada bahkan untuk mengingat 6 Classification Kingdom. Tetapi setelah beberapa lama mempelajari bab ini saya mulai merasakan kesulitan, karena dalam mempelajari klasifikasi kingdom ini saya juga harus mempelajari tentang tahap-tahap dari 2 kingdom classification hingga 6 kingdom classification. Selain itu kita juga harus memperdalam pembelajaran saya hingga mempelajari kingdom-kingdom yang ada secara mendetil. Misalnya mempelajari bakteri (Monera), gangang, bahkan jamur (fungi). -Ferrell-
  • Klasifikasi makhluk hidup sangat dibutuhkan dalam pembelajaran biologi, karena memudahkan kita untuk mengelompokkan jenis-jenis makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya. Hingga saat ini, ada lima kingdom yang saya pelajari di kelas biologi, yaitu monera, protista, fungi, animalia, dan plantae. Semuanya memiliki ciri-cirinya tersendiri dan juga memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, di pelajaran klasifikasi saya juga mempelajari nama-nama latin yang dimiliki oleh setiap spesies makhluk hidup di dunia ini. Walaupun namanya sangat susah untuk dihafal, namun ini memudahkan saya karena telah menjadi standar yang dipakai dan diakui oleh seluruh dunia. -Claudia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar